Kamis, 25 Desember 2014

PENGGUNAAN CARMENTAL

A.    Pengertian Software Carmetal
Carmetal adalah program geometr iinteraktif yang mewarisi mesin CaR. Perangkat lunak yang telah dibuat oleh Eric Hakenholz. Konstruksi yang dilakukan dengan menggunakan palet utama, yang berisi beberapa shortcut konstruksi berguna di samping kompas dan penggaris alat standar. Ini termasuk garis-berat, lingkaran melalui tiga titik, circumcircular busur melalui tiga titik, dan irisan kerucut melalui limapoin. Juga adalah lokus, fungsi, kurva parametrik, plot implisit ketebalan. Element, warna, label, dan atribut lainnya (termasuk yang disebut properti magnetik) dapat diatur dengan menggunakan panel yang terpisah. Carmetal juga mendukung palet konstruksi dibatasi dikonfigurasi dan memiliki kemampuan tugas, yang menggunakan fitur tampaknya unik yang disebut Monkey (Shaking Construction). Tidak ada spesifikasi khusus untuk menggunakan aplikasi Carmetal maksudnya RAM VGA OS kecil juga dapat menginstall software ini.

B.     Kelebihan Software Carmetal
1.      Dapat diaplikasikan untuk geometri datar dan geometri ruang.
2.      Dapat disalin ke Microsoft Word
3.      Hasil gambar yang telah dibuat dapat diekspor dalam berbagai format (PDF,SVG,EPS, dan PNG)
4.      Gambar dapat dibuat dengan menarik karena terdapat menu untuk mengedit objek dengan mengubahwarna
5.      Dapat mengubah warna background atau latar .
6.      Dapat menyisipkan gambar.
7.      Gambar atau suatu bangun yang telah dibuat dapat bergerak.

C.     Kelemahan Software Carmetal
1.      Sulit dipahami secara cepat
2.      Perlu pemahaman konsep geometri untuk membuat sebuah bangun
3.      Dalam penerapan geometri ruang ketika suatu bangun diputar maka akan mengubah besar sudutnya.
4.      Tidak dapat menghitung volume dari bangun ruang.
5.      Dalam penerapan geometri ruang, jaring-jaring tidak dapat ditunjukkan


D.    Langkah-Langkah penggunaan software Carmetal
Membuat Persegi melalui lingkaran
1.      Pertama-tama kita pilih software Carmetal
2.      Berikut ini adalah tampilan awal software Carmetal :

3.      Kemudian membuat garis lurus
Klik contruction, pilih segment, kemudian pilih segment (s)


Sehingga muncul gambar seperti berikut :

 
Beri identitas titik-titik tersebut , pilih edit, kemudian rename

Sehingga mendapat hasil seperti gambar di bawah ini :

4.      Buat lingkaran dengan titik pusat A dengan jari-jari AB.
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih circle (c) lalu klik dari titik A sepanjang garis B. 


Sehingga muncul gambar sepeti gambar di bawah ini :

5.      Atau dengan Klik contruction, kemudian pilih perpendicular line (2)
         
 
Kemudian klik garis AB, kemudian titik A
Maka akan dapat gambar seperti berikut :

6.      Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection (i).
         
Kemudian klik pada perpotongan tersebut, untuk member identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini :



7.      Kemudian buat dua lingkaran, yaitu :
Titik pusat C, dengan jari-jari CA
Titik pusat B, dengan jari-jari BA
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih circle (c).
Maka akan muncul gambar seperti di bawahini :

8.      Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection (i). 

Kemudian klik pada perpotongan lingkaran CB, untuk member identitas pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini :

9.      Kemudian sembunyikan gambar, kecuali garis AB
Klik edit, pilih hide seperti gambar di bawah ini :


10.  Kemudian gabungkan titik-titik tersebut :
            Klik contruction, pilih segment, kemudian pilih segment (s)      
               

           Sehingga terbentuklah persegi, seperti gambar di bawah ini:
                   
11.  Untuk melihat pembuktian
            Klik show/ hide left panel
              
 
Kemudian akan muncul ,pilih icon kedua, maka akan muncul hasilnya seperti gambar berikut :
                
12.  Untuk membuktikan sudut-sudut persegi
            Klik contruction, pilih angles, kemudian pilih angle (a)
               

Kemudian klik dari titik C-D-B, D-B-A, B-A-C, A-C-B, maka akan terbukti, seperti   gambar di bawah ini : 
          
13.  Untuk mencari luas persegi
            Klik contruction, kemudian pilih segments lalu pilih polygon (0)
                 
14.  Kemudian klik titik C-D-B-A-C, seperti gambar di bawah ini:
       


15.  Untuk melihat pembuktian 
            Klik show/ hide left panel
                  
          Kemudian akan muncul ,pilih icon kedua, maka akan muncul hasilnya seperti   gambar di bawah                   ini :
               


Membuat Kubus
1.      Pilih 3D dalam pallete kemudian pilih cube untuk membentuk kubus
 


            Kemudian akan muncul gambar kubus dengan tampilan sebagai berikut: 
                
2.      Beri nama titik sudut pada kubus dengan memilih Rename pada menu Edit
     


           Akan muncul kubus yang telah diberi nama ABCDEFGH
             
 
3.      Untuk membuktikan sudut-sudut kubus
            Klik contruction, pilih angles, kemudian pilih angle (a)
                

4.      Kemudian klik dari titik E-A-B, A-B-F, D-C-G, dst, maka akan terbukti, seperti gambar di bawah ini :
           
            Untuk membuktikan garis AB sejajar dengan garis EF
Klik test, pilih parallel line? ,kemudian klik garis AB dan EF maka akan muncul gambar seperti berikut:     
              


     Jajar Genjang
1.      Buatlah panjang alas jajar genjang dengan mengklik “Segment with fixed length (#)” misalnya panjang alasnya 6, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini :

2.      Kemudian buatlah sisi miring dengan panjang 3, klik “Segment with fixed length (#)” akan muncul seperti gambar di bawah ini :

3.      Lalu buatlah garis sejajar alas dan garis sejajar miringnya, dengan klik “Parallel line (1)”, akan muncul seperti gambar di bawah ini :
 
4.      Berilah titik pada perpotongan garis yang sejajar tersebut, klik “Point (p)”, serta berilah nama titik – titik tersebut, klik “Edit-Rename (b)”, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:

5.      Mengetahui sudut dalam jajar genjang, klik “Angle (a)”, jika ingin mencari sudut A maka klik titik D-A-B dan sudut B maka klik titik A-B-C lalu sudut C maka klik titik B-C-D, sedangkan sudut D maka klik titik C-D-A kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :


6.      Menghitung luas jajar genjang ABCD, klik “Polygon (0)”, klik pada titik A – B – C – D – A maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar