A. Pengertian Software
Carmetal
Carmetal adalah
program geometr iinteraktif
yang mewarisi mesin CaR. Perangkat lunak yang telah dibuat oleh
Eric Hakenholz. Konstruksi yang dilakukan dengan menggunakan palet utama, yang berisi
beberapa shortcut konstruksi berguna di samping kompas dan penggaris alat standar.
Ini termasuk garis-berat, lingkaran melalui tiga titik, circumcircular busur melalui
tiga titik, dan irisan kerucut melalui limapoin. Juga adalah lokus, fungsi,
kurva parametrik, plot implisit ketebalan. Element, warna, label, dan atribut lainnya
(termasuk yang disebut properti magnetik) dapat diatur dengan menggunakan panel
yang terpisah. Carmetal juga mendukung palet konstruksi dibatasi dikonfigurasi dan
memiliki kemampuan tugas, yang menggunakan fitur tampaknya unik yang disebut
Monkey
(Shaking
Construction).
Tidak ada spesifikasi khusus untuk menggunakan aplikasi Carmetal maksudnya RAM VGA OS kecil juga dapat menginstall
software ini.
B. Kelebihan Software Carmetal
1. Dapat diaplikasikan untuk geometri datar dan geometri ruang.
2. Dapat disalin ke
Microsoft Word
3. Hasil gambar yang telah dibuat dapat diekspor dalam berbagai format (PDF,SVG,EPS, dan PNG)
4. Gambar dapat dibuat dengan menarik karena terdapat menu untuk mengedit objek dengan mengubahwarna
5. Dapat mengubah warna
background atau latar .
6. Dapat menyisipkan gambar.
7. Gambar atau suatu bangun yang telah dibuat dapat bergerak.
C. Kelemahan Software Carmetal
1. Sulit dipahami secara cepat
2. Perlu pemahaman konsep geometri untuk membuat sebuah bangun
3. Dalam penerapan geometri ruang ketika suatu bangun diputar maka akan mengubah besar sudutnya.
4. Tidak dapat menghitung
volume dari bangun ruang.
5. Dalam penerapan geometri ruang, jaring-jaring tidak dapat ditunjukkan
D. Langkah-Langkah penggunaan software Carmetal
Membuat Persegi melalui lingkaran
1. Pertama-tama kita pilih software Carmetal
2.
Berikut ini adalah tampilan awal software Carmetal :
3. Kemudian membuat garis lurus
Klik contruction, pilih segment,
kemudian pilih segment (s)
Sehingga muncul gambar seperti berikut
:
Beri identitas titik-titik tersebut
, pilih edit, kemudian rename
Sehingga mendapat hasil seperti gambar di bawah ini :
4. Buat lingkaran dengan titik pusat A dengan
jari-jari AB.
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih
circle (c) lalu klik dari titik A sepanjang garis B.
Sehingga muncul gambar sepeti gambar di bawah ini :
5. Atau dengan Klik contruction,
kemudian pilih perpendicular line (2)
Kemudian klik garis AB, kemudian titik A
Maka akan dapat gambar seperti berikut :
6. Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection
(i).
Kemudian klik pada perpotongan tersebut, untuk member identitas
pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah
ini :
7. Kemudian buat dua lingkaran, yaitu :
Titik pusat C, dengan jari-jari CA
Titik pusat B, dengan jari-jari BA
Klik contruction, pilih circle anda conics, kemudian pilih
circle (c).
8. Buat identitas pada titik perpotongan
Klik contruction, pilih points, kemudian pilih intersection
(i).
Kemudian klik pada perpotongan lingkaran CB, untuk member identitas
pilih edit, kemudian klik rename, maka akan muncul gambar seperti gambar di bawah
ini :
9. Kemudian sembunyikan gambar, kecuali
garis AB
Klik edit, pilih hide seperti gambar
di bawah ini :
10. Kemudian gabungkan titik-titik tersebut
:
Klik contruction, pilih segment,
kemudian pilih segment (s)
Sehingga terbentuklah
persegi, seperti gambar di bawah ini:
11. Untuk melihat pembuktian
Klik show/
hide left panel
Kemudian akan muncul ,pilih icon kedua, maka akan muncul hasilnya
seperti gambar berikut :
12. Untuk membuktikan sudut-sudut persegi
Klik contruction,
pilih angles, kemudian pilih angle (a)
Kemudian klik dari titik C-D-B, D-B-A, B-A-C, A-C-B, maka akan
terbukti, seperti gambar di bawah ini :
13. Untuk mencari luas persegi
14. Kemudian klik titik C-D-B-A-C,
seperti gambar di bawah ini:
15. Untuk melihat pembuktian
Klik show/ hide left panel
Kemudian akan muncul ,pilih icon
kedua, maka akan muncul hasilnya seperti gambar
di bawah ini :
Membuat Kubus
1. Pilih 3D dalam pallete kemudian pilih
cube untuk membentuk kubus
2. Beri nama titik sudut pada kubus dengan
memilih Rename pada menu Edit
Akan
muncul kubus yang telah diberi nama ABCDEFGH
3. Untuk membuktikan sudut-sudut kubus
4. Kemudian klik dari titik E-A-B,
A-B-F, D-C-G, dst, maka akan terbukti, seperti gambar di bawah ini :
Untuk membuktikan
garis AB sejajar dengan garis EF
Klik test, pilih parallel line? ,kemudian klik garis AB dan
EF maka akan muncul gambar seperti berikut:
Jajar Genjang
1. Buatlah panjang alas jajar genjang
dengan mengklik “Segment with fixed length (#)” misalnya panjang alasnya 6, dan
akan menjadi seperti gambar di bawah ini :
2. Kemudian buatlah sisi miring dengan
panjang 3, klik “Segment with fixed length (#)” akan muncul seperti gambar di
bawah ini :
3. Lalu buatlah garis sejajar alas dan
garis sejajar miringnya, dengan klik “Parallel line (1)”, akan muncul seperti
gambar di bawah ini :
4. Berilah titik pada perpotongan garis
yang sejajar tersebut, klik “Point (p)”, serta berilah nama titik – titik
tersebut, klik “Edit-Rename (b)”, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
5. Mengetahui sudut dalam jajar
genjang, klik “Angle (a)”, jika ingin mencari sudut A maka klik titik D-A-B dan
sudut B maka klik titik A-B-C lalu sudut C maka klik titik B-C-D, sedangkan
sudut D maka klik titik C-D-A kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :
6. Menghitung luas jajar genjang ABCD,
klik “Polygon (0)”, klik pada titik A – B – C – D – A maka akan muncul seperti
gambar dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar