A.
Pengenalan
Geogebra
GeoGebra
adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan sebagai alat bantu
dalam pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan untuk proses belajar
mengajar matematika di sekolah oleh Markus
Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Secara umum ada 3 kegunaan GeoGebra, yaitu sebagai:
a. alat
bantu membuat gambar obyek geometri dan grafik Fungsi
b. meyelesaikan
soal matematika
c. media
pembelajaran matematika
GeoGebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada Java
Runtime sehingga sebelum melakukan instalasi GeoGebra komputer harus terlebih
dahulu diinstal program Java Runtime Environtment (JRE). Jika komputer belum
terpasang JRE ini maka aplikasi GeoGebra tidak dapat dijalankan. JRE dapat
didownload dari situs http://java.com
Setelah Java JRE selesai di-download dan diinstal, langkah
selanjutnya adalah menginstal aplikasi GeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra
tersedia di situs http://www.geogebra.org/.
B.
Tampilan
Geogebra
Dalam
workshop ini, akan digunakan GeoGebra versi 4.2, setelah di instal kemudian
dibuka, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Dalam tampilan
tersebut masih dalam bahasa Inggris, kalau ingin diubah ke dalam bahasa
Indonesia maka klik Options – Language –
E–I – Indonesian/Bahasa Indonesia ( seperti alur berikut)
Setelah alur itu
dijalankan maka akan muncul tampilan yang sudah berubah dalam bahasa Indonesia
seperti gambar di bawah ini :
Selanjutnya
GeoGebra dalam bahasa Indonesia siap digunakan. Tampilan dari Geogera
sangat sederhana, yang terdiri dari:
1) Menu,
yang terletak di bagian atas.
Menu
terdiri dari Berkas, Ubah, Tampilan,
Opsi, Peralatan, Jendela, dan Bantuan
2) Tool Bar,
yang terletak pada baris kedua, berisi icon-icon (simbol)
3) Jendela Kiri,
sebagai tempat untuk tampilan Aljabar
4) Jendela Kanan,
yaitu tempat ditampilkannya grafik.
5) Bilah Masukan,
yang terletak di kiri bawah
C.
Membuat
Gambar Obyek Geometri dan Grafik Fungsi dengan GeoGebra
1) Menggambar
Titik
Ada 2 cara untuk
menggambar titik, yaitu dengan menggunakan icon pada tool bar dan mengetik
perintah pada bilah masukan.
Icon untuk menggambar titik
adalah
yang berada di nomor 2 dari kiri. Misal kita
ingin membuat titik A(2,5) dengan icon tersebut, caranya Arahkan krusor ke
jendela kanan, yaitu tempat menggambar grafik. Setelah kursor terletak pada
koordinat (2, 5), klik tempat tersebut. Terbentuklah titik A(2, 5). Cara
kedua dengan mengetik perintah pada bilah masukan. Perintah yang diketikan
adalah A=(2,5) seperti gambar
berikut:
Dari 2 cara tersebut akan
diperoleh hasil yang sama seperti gambar berikut:
Titik A pada tampilan grafik tersebut
dapat dilengkapi dengan koordinatnya,
caranya klik kanan pada titik A kemudian muncul jendela titik A, lalu
pilih dan enter Properti seperti gambar berikut:
Pada Tampilan Label, klik jendela Nama pada segitiga kanan, pilih Nama & Nilai, selanjutnya klik close pada pojok kanan atas. Tampilan titik A akan berubah seperti gambar berikut
2) Menggambar
Ruas Garis
Misal kita akan membuat ruas garis dari titik A(3, 4) hingga B(6, 2)
Misal kita akan membuat ruas garis dari titik A(3, 4) hingga B(6, 2)
·
Buatlah
titik (3, 4) dan (6, 2)
·
Klik
icon untuk membuat “ruas garis di antara dua titik”, yaitu icon
Bila muncul, klik segitiga di kanan bawah,
maka muncul tampilan berikut
Selanjutnya buatlah titik A(2,4)
seperti contoh membuat titik di atas, kemudian geser ke arah titik B(6,2)
kemudian lepaskan.
Atau gunakan bilah masukan
caranya pada Bilah masukan ketikan
A=(2,4) enter, ketikan B=(6,2) enter, kemudian ketikan ruas garis[A,B].
Dari dua cara tersebut akan
diperoleh hasil seperti gambar berikut:
Hasil tersebut bisa di tambahi
dengan hal-hal yang perlu di tambahkan dengan menggunakan fasiltas-fasilitas
yang ada. Klik Kanan titik A dan B kemudian lakukan pengeditan sesuai
kebutuhan. Klik kanan juga ruas garis AB, lakukan pengeditan. Gambar dibawah
ini diperoleh dari gambar di atas setelah dilakukan pengeditan.
3) Membuat
Poligon (Bangun segi-n)
Misal kita ingin membuat poligon yang terbentuk dari lima buah titik A(2,4), B(5,3), C(4,1), D(2,0) dan E(0,2). Caranya sebagai berikut:
Misal kita ingin membuat poligon yang terbentuk dari lima buah titik A(2,4), B(5,3), C(4,1), D(2,0) dan E(0,2). Caranya sebagai berikut:
a.
Ketikan
pada bilah masukan titik-titik tersebut (caranya seperti pada cara membuat
titik pada contoh sebelumnya)
pada segitiga dipojok kanan bawah. Terus pilih
dan klik poligon.
c.
Kemudian
klik titik A, terus dilanjutkan titik B, C, D, E dan kembali ke titik A. Maka
akan terbentuk gambar berikut:
Gambar poligon tersebut
bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan, misalnya warnanya kita ganti, atau kita
beri arsiran dan lain sebagainya. Caranya sebagai berikut:
a.
Untuk
memberi label pada titik, klik Tampilan Label dan seterusnya ( seperti contoh
memberi label titik pada membuat titik di atas ).
b.
Klik
kanan pada tengah-tengah gambar poligon tersebut, terus pilih dan klik
properti, akan muncul tampilan berikut
d.
Untuk
Format ketebalan garis, format garis, dan pengisian klik Format.
Misal ketebalan garis diganti dengan 6
( geser ke angka 6), kemudian bila dibuat arsiran maka pada pengisian
dari Standar di ganti dengan Hatch.
Sudut kemiringannya juga bisa di atur ( lihat pada sudut), demikian juga dengan kerapatan arsirannya juga bisa di atur
(lihat pada spasi).
e.
Setelah
pengaturan/ pengeditan selesai, klik tanda silang pada pojok kanan atas.
D.
Membuat
Media Pembelajaran dengan GeoGebra
Contoh: Membuat Media
Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat f(x) = ax2 + bx + c. Langkah:
a. Klik
icon slider / luncuran, selanjutnya klik pada area
tampilan grafik, akan muncul tampilan
, kemudian klik Terapkan.
, kemudian klik Terapkan.
Klik lagi area tampilan
grafik, muncul tampilan yang sama, klik Terapkan.
Sekali lagi klik lagi
area tampilan grafik, muncul tampilan yang sama, klik Terapkan.
Tampilan Geogebra akan
berubah menjadi
b. Pada
bilah Masukan, ketikan f(x) = a*x^2 + b*x + c
Tampilan GeoGebra akan
berubah seperti gambar berikut:
c. Tampilan
tersebut dapat diubah lagi dengan cara menggerakkan slider/luncuran, caranya
klik dan gerakan titik a, b, dan c. misalnya titik a digerakkan ke titik -1,
kemudian titik b digerakkan ke titik 3 dan titik c digerakkan ke titik 2, maka
gambar dari kurva tersebut akan berubah secara otomatis, seperti gambar dibawah
ini.
Kalau menginginkan
bentuk kurva sesuai yang diinginkan, tinggal mengganti slider a, b, c.
Jadilah
media pembelajaran yang dapat menjelaskan bentuk grafik Fungsi Kuadrat sesuai dengan
nilai a, b dan c.
Untuk menyimpan media
tersebut, tinggal klik Berkas – Simpan
Pilih Drive penyimpanan
Beri nama file misalnya Media Pembelajaran Membuat Grafik Fungsi
kemudian klik Simpan
Selanjutnya file
tersebut akan bernama Media Pembelajaran
Membuat Grafik Fungsi.ggb
( dalam extension .ggb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar