A. Sejarah Geometer
Sketchpad
Pada tahun 1987, Nicholas Jackin begitu
serius membuat program geometri ini sehingga terbinalah Geometer’s Sketchpad
untuk Machintoch. Guru-guru serta pengguna amnya mencuba versi awal ini. Pada
tahun 1990 Nicholas berjaya menghasilkan versi ‘beta’ menggunakan
pembiayaan dari Yayasan Sains Kebangsaan untuk meneruskan penyelidikan. Versi
kedua program ini dilancarkan pada April 1992. Manakala versi pertama Sketchpad
untuk Window pula dilancarkan pada April 1995. Penggunaanya berluasa sehingga
ke hari ini. Pada tahun 2011, GSP telah ditambahbaik fungsinya dalam versi ke-4
yang memuatkan Geometri Dinamik untuk pengajaran algebra dan kalkulus.
B. Spesifikasi Geometer
Sketchpad
Pentium® based system
or equivalent Windows XP or later 300 MB free disk space.
C. Kelebihan Geometer
Sketchpad
1.
Dapat mengundo apabila terjadi
kesalahan dapat membatalkan perintah yg telah dilakukan,
2.
Dapat meredo untuk mengulangi
perintah yang telah dilakukan,
3.
Dapat membuat tabel berserta
datanya,
4.
Dapat menulis rumus bersamaan dengan
gambar,
5.
Memiliki grid form yang banyak,
6.
Dapat merekam setiap pekerjaan yang
kita lakukan.
7.
Memiliki calculate sendiri untuk
keperluan perhitungan
8.
Dapat membuktikan rumus traplesium
D. Kekurangan Geometer
Sketchpad
1.
Anda tidak dapat mengupload photo
anda dan situs ini digunakan untuk menggambar sederhana dengan memainkan warna
dan tulisan.
2.
Pilihan icon hanya sedikit,
3.
Tidak dapat langsung memasukkan
suatu rumus.
4.
Sulit mengkoordinasikan langsung
jarak yang diinginkan
E. Aplikasi dalam Matematika
Adapun
aplikasi Geometer Sketchpad dalam pembelajaran Matematika, antara lain sebagai
berikut.
Pembuktian Rumus
Trapesium dengan Geometer Sketchpad
- Buatlah trapesium ABCD sama kaki
- Dengan kakinya di AD dan CB
- CD sejajar dengan EF, DE sejajar CF
- Panjang AE dengan FB sama panjang
- Hubungkan titik D ke titik F
- Membuat titik point dengan pointtool
- Sambungkan setiap titik dengan segmentstraightedgeTool
- Beri nama setiap titik dengan mengklik label point
- Beri nama pada garis DF (t), EF (a), AE dan FB (c)
- Akan muncul seperti berikut :
Ketik rumus trapesiumnya, karena Luas trapesium itu jumlah luas persegi
panjang di tambah dengan 2 kali luas segitiga maka didapat :
Dengan cara mengklik Texttool pada icon lalu klik di
sembarang (klik 2x), setelah itu ketik rumus di atas.
Lalu, hitung panjang garis masing-masing AE, EF, BF, dan CE dengan klik
segment garisnya lalu klik kanan pilih length
Selanjutnya:
·
Hitung luas trapesium
sebelumnya klik polygon dan hubungkan titik-titik bidang datarnya
·
Hitunglah luas
setiap bidang dengan klik kanan pilih area,
·
Lalu pilih Number klik calculate dan jumlahkan semua area
Membuktikan Rumus Phytagoras
Langkah-langkah:
·
Buat segitiga ABC
menggunakan segmentstraightedgetool dan beri nama pada setiap
titik-titik segitiga
·
Klik texttool lalu klik 2x pada garis untuk mengganti nama garis, seperti berikut :
·
Buat segitiga yang
sama dengan rotasi 900 searah jarum jam
·
Hubungkan titik E
atas dan garis B bawah dengan menggunakan segmentstraighttool
·
Pada segitiga atas
beri nama L1 menggunakan texttool lalu pilih
symbolicnotation dan pilih subscript
·
Beri nama L1 pada
segitiga bawah
·
Beri nama L2 pada
segitiga yang besa dengan cara yang sama
·
Masukkan rumus trapesium
seperti pada gambar di bawah ini
Hitunglah dengan cara klik kanan lalu pilih area untuk mencari nilai a, b dan c. Lalu untuk membuktikan dalil phytagoras tersebut kita pilih menu number lalu pilih calculate
Membuktikan Jumlah Sudut Dalam Segitiga = 1800
Langkah-langkah: Buat segitiga ABC
sembarang dengan menggunakan pointtool lalu hubungkan setiap
titik dengan segmentstraighttool dan beri nama pada setiap
titik. seperti berikut :
klik titik CAB kemudian klik measure pilih angle, lakukan
juga pada sudut ACB, dan sudut ABC setelah ketiga sudut ditemukan klik number
pilih calculate maka akan terbukti.
Jika ingin mengetahui luas segitiganya dengan cara klik polygon lalu klik
pada titik-titiknya, klik kanan pilih area
Tidak ada komentar:
Posting Komentar