A.
Pendahuluan
Geometri
merupakan salah satu pokok bahasan matematika di sekolah maupun di perguruan
tinggi. Dalam geometri dibahas objek-objek yang berhubungan dengan bidang dan
ruang. Salah satu software matematika
yang siap dimanfaatkan untuk membantu pemahaman siswa pada pembelajaran
matematika khususnya geometri adalah Dynamic Geometry Software (DGS)
Cabri 3D yang selanjutnya disebut Cabri 3D. Cabri 3D merupakan software geometri interaktif. Software ini merupakan pengembangan dari software geometri Cabri II. Software
ini di produksi di Perancis oleh Jean Marie Laborde dan Max Marcadet pada tahun
2004.
Cabri 3D
mampu menyajikan objek geometri yang sangat baik dan dapat dilihat dari
berbagai sudut pandang serta mampu menentukan hubungan antara objek-objek
tersebut. Cabri 3D dapat di unduh
secara gratis di website http://www.cabri.com/download-cabri-3d.html
Menurut
Accascina dan Rogora (2006), Cabri 3D adalah perangkat lunak dinamis geometri
yang dapat digunakan untuk membantu siswa dan guru dalam mengatasi beberapa
kesulitan-kesulitan yang dialami dan membuat belajar geometri dimensi tiga
(geometri ruang) menjadi lebih mudah dan lebih menarik.
Menurut
Anthony (2006) hasil penelitian menunjukan bahwa Cabri 3D memiliki dasar yang sangat kuat dalam membantu proses
pembelajaran matematika khususnya geometri, karena mampu membantu
memvisualisasikan konsep geometri.
Dari
beberapa penelitian seperti yang telah dilakukan oleh Irsadi (2012), Guven
(2008), dan Rogora (2005) menyebutkan bahwa Cabri
3D mampu meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Cabri 3D
dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan siswa-siswi dapat
menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam tentang
geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik
matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih tertarik pada
objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu diharapkan
pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah satunya dengan
menggunakan software Cabri 3D.
Cabri 3D
tidak hanya digunakan sebagai software yang
mempresentasikan matematika secara geometri tetapi juga dapat digunakan secara
umum untuk membangun kemudahan bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk
yang menyerupai keaslian dari berbagai model. Software ini memberikan
kemudahan bagi siswa dan guru untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan model
geometri. Siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan eksplorasi
di bawah bimbingan guru. Software ini
juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan
konsep secara mandiri dengan menggunakan sedikit perhitungan dan manipulasi
sederhana.
Program
cabri 3D dapat dijalankan minimum pada windows 98 dan MacOS X vesri 10,3 atau
di atasnya dengan konfigurasi minimal untuk PC 800 MHz atau lebih
tinggi CPU, RAM 256 MB atau lebih, OpenGL kompatibel kartu grafis dengan RAM 64
MB atau lebih.
B.
Perkembangan
Cabri
Tahun
1985, Jean-Marie Laborde seorang saintis computer matematikawan, dan peneliti
pada matematika diskrit, mengemukakan sebuah penemuan berupa buku tentang
garis–garis besar dari geometri. “Cabri-geometre”
menjabarkan sebuah eksplorasi dari sifat–sifat objek-objek matematika dan
hubungan antara setiap sifat dan objek tersebut.
Dimulai
dari tahun 1990 sebuah proyek besar di Computer
Science and Applied Mathematics
Institute in Grenoble (IMAG) dimulai dengan mengumpulkan para peneliti
komputer sains, ahli matematika, ahli-ahli kecerdasan buatan dan psikologi dan
juga guru-guru. Proyek ini bertempat di laboratorium LSD2, dan juga
sekolah-sekolah di Grenoble. Selama tahun 90-an generasi pertama dari
Cabri-geometre telah dihasilkan yang merupakan generasi baru cikal bakal “Cabri II” yang dikembangkan oleh
Jean-Marie Laborde, Franck Bellemain dan Sylvie Tessier sebagai pendukung
peralatan industri di Texas. Kerja sama antara Cabri-geometre dan Texas Instruments mempercepat pengkondisian
pembelajaran matematika dengan adanya kalkulator yang mempunyai vasilitas
perhitungan dan dinamik geometri dengan nama TI-92.
Awal
tahun 2000 Jean-Marie Laborde mendirikan The
Company Cabrilog untuk mengembangkan software
Cabri dan memproduksi versi barunya
untuk komputer dan kalkulator. Di awal 2003 versi baru dihasilkan, Cabri Geometry II Plus, diikuti software geometri baru : Cabri Junior untuk kalkulator TI83 dan
TI84. September 2007 dikembangkan Cabri
Geometry II Plus dilanjutkan dengan versi 1.4. Pada Sepember 2004 di
Cabriworld di Roma, Jean-Marie Laborde menembangkan Cabri Geometry II plus for MacOS
X. Pada saat yang sama muncul pula produk baru Cabri 3D, sebuah software
geometri interaktif. Sekarang versi terbarunya Cabri 3D dilengkapi peralatan numeric dan geometri dan peralatan
visualisasi 3D yang unik. Cabri 3D
memenangkan BETT awards 2007 diperlombaan digital yang bergengsi.
Program
Cabri 3D V2 berguna untuk memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi obyek-obyek
geometri, akan tetapi kurang efektif apabila guru tidak mengontrol kegiatan belajar,
namun hal ini dapat diatasi dengan meminta siswa mengkonstruksi obyek-obyek
geometri sesuai dengan langkah-langkah konstruksi yang telah disiapkan. Secara
umum program Cabri 3D V2 terdiri dari Menu,
Toolbar, dan Drawing Area. Pada
bagian menu ditampilkan File, Edit,
Display, Document, Window,dan Help. Pada
bagian Toolbar ditampilkan toolbox yang daat digunakan untuk
menciptakan dan memodifikas satu figur. Toolbox terdiri dari Manipulation, Points, Curves, Relative
Construction, Regular Polygons, Polyhedra, Regular Polyhedra (Platonic Solids),
Measurement and, Calculation Tools dan transformations.
C. Kelebihan
dan Kekurangan Cabri 3D
Ø Kelebihan
·
Gambar-gambar bangun geometri
yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang
dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti.
·
Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi
dengan jelas.
·
Dapat digunakan sebagai alat
evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah.
·
Memudahkan guru dan siswa untuk
menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek.
·
Mempunyai perintah pengerjaan
matematika yang luas.
·
Mempunyai suatu antarmuka
berbasis worksheet.
·
Mempunyai fasiitas pengerjaan
yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga.
·
Bahasa pemogramannya memudahkan
pemahaman konsep peserta didik.
·
Hasil pengerjaannya lebih baik
dibandingkan software Autograph dan Maple.
·
Mempunyai fasilitas untuk membuat
dokumen dalam beberapa format
Ø Kekurangan
·
Hasil pengukurannya kurang akurat
karena menggunakan angka decimal.
·
Kurang baik dalam
kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)
D.
Contoh Penerapan
Cabri 3D Dalam Matematika
Menentukan
Jaring-Jaring Sebuah Kubus
1. Klik
Regular Tetrahedron lalu pilih
(cube),
untuk membentuk kubus pada bidang, klik sembarang titik pada bidang kemudia
tarik. Kubus dapat ditarik dengan mengembalikan kursor.
2. Untuk
membuka kubus (melihat jaring-jaring), klik
(Open
Polyhedron)
3. Klik
(manipulation), lalu
tariklah salah satu sisi pada kubus tersebut agar jaring-jaring .
Menghitung Salah Satu
Sudut Kubus
1.
Klik
(cube) lalu gambar
kubus dibidangnya
2.
Klik
(manipulation), lalu
klik kanan, pilih surface style lalu empty
Kita
dapat melihat rusuk-rusuk kubus secara jelas dengan sisi-sisi kubus yang
transparan.
3.
Klik (angle)
4.
Klik pada titik yang
akan dicari sudutnya
Besar
sudut kubus tersebut adalah 900 karena garisnya saling tegak
lurus.
Mengetahui Besar Sudut Segitiga
(Diagonal Ruang) Didalam Sebuah Kubus.
1. Klik
(cube), lalu gambar
kubus dibidangnya
2. Klik
(manipulation), lalu
klik kanan, pilih surface style lalu empty
3. Klik
(triangle), lalu buat
bidang segitiga
4. Klik
(angle) untuk
menghitung sudut-sudut bidang segitiga
Sudut
bidang segitiga tersebut adalah 600 karena segitiga tersebut
berada pada kubus sehingga segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki.
Menghitung
Volume Pada Kubus
1. Buat
kubus dengan cara yang sama
2. Ukur
panjang rusuknya dengan menggunakan distance,
yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk.
3. Klik
volume dan letakan pada kubus
tersebut.
Menghitung Luas
Salah Satu Bangun Datar (Persegi)
1. Buat
persegi dengan memilih square.
2. Ukur
panjang sisi dengan menggunakan distance ,
yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk. Kemudian pilih area untuk
melihat besar luasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar