Kamis, 25 Desember 2014

penggunaan cabri 3D


A.    Pendahuluan
Geometri merupakan salah satu pokok bahasan matematika di sekolah maupun di perguruan tinggi. Dalam geometri dibahas objek-objek yang berhubungan dengan bidang dan ruang. Salah satu software matematika yang siap dimanfaatkan untuk membantu pemahaman siswa pada pembelajaran matematika khususnya geometri adalah Dynamic Geometry Software (DGS) Cabri 3D yang selanjutnya disebut Cabri 3D. Cabri 3D merupakan software geometri interaktif. Software ini merupakan pengembangan dari software geometri Cabri II. Software ini di produksi di Perancis oleh Jean Marie Laborde dan Max Marcadet pada tahun 2004.
Cabri 3D mampu menyajikan objek geometri yang sangat baik dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang serta mampu menentukan hubungan antara objek-objek tersebut. Cabri 3D dapat di unduh secara gratis di website http://www.cabri.com/download-cabri-3d.html
Menurut Accascina dan Rogora (2006), Cabri 3D adalah perangkat lunak dinamis geometri yang dapat digunakan untuk membantu siswa dan guru dalam mengatasi beberapa kesulitan-kesulitan yang dialami dan membuat belajar geometri dimensi tiga (geometri ruang) menjadi lebih mudah dan lebih menarik.
Menurut Anthony (2006) hasil penelitian menunjukan bahwa Cabri 3D memiliki dasar yang sangat kuat dalam membantu proses pembelajaran matematika khususnya geometri, karena mampu membantu memvisualisasikan konsep geometri.
Dari beberapa penelitian seperti yang telah dilakukan oleh Irsadi (2012), Guven (2008), dan Rogora (2005) menyebutkan bahwa Cabri 3D mampu meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Cabri 3D dengan versi terbarunya Cabri 3D V2 tersebut diharapkan siswa-siswi dapat menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Pemahaman secara mendalam tentang geometri berguna dalam berbagai situasi dan berkaitan dengan topik-topik matematika dan pelajaran lainnya di sekolah. Siswa-siswi lebih tertarik pada objek-objek pemodelan atau contoh-contoh konkrit. Oleh karena itu diharapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang mendukung salah satunya dengan menggunakan software Cabri 3D.
Cabri 3D tidak hanya digunakan sebagai software  yang mempresentasikan matematika secara geometri tetapi juga dapat digunakan secara umum untuk membangun kemudahan bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk yang menyerupai keaslian dari berbagai model. Software ini  memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan model geometri. Siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan eksplorasi di bawah bimbingan guru. Software ini juga memberikan kemudahan kepada siswa untuk lebih mampu membuktikan teori dan konsep secara mandiri dengan menggunakan sedikit perhitungan dan manipulasi sederhana.
Program cabri 3D dapat dijalankan minimum pada windows 98 dan MacOS X vesri 10,3 atau di atasnya dengan konfigurasi minimal untuk PC 800 MHz atau lebih tinggi CPU, RAM 256 MB atau lebih, OpenGL kompatibel kartu grafis dengan RAM 64 MB atau lebih.

B.     Perkembangan Cabri
Tahun 1985, Jean-Marie Laborde seorang saintis computer matematikawan, dan peneliti pada matematika diskrit, mengemukakan sebuah penemuan berupa buku tentang garis–garis besar dari geometri. “Cabri-geometre” menjabarkan sebuah eksplorasi dari sifat–sifat objek-objek matematika dan hubungan antara setiap sifat dan objek tersebut.
Dimulai dari tahun 1990 sebuah proyek besar di Computer Science and Applied Mathematics Institute in Grenoble (IMAG) dimulai dengan mengumpulkan para peneliti komputer sains, ahli matematika, ahli-ahli kecerdasan buatan dan psikologi dan juga guru-guru. Proyek ini bertempat di laboratorium LSD2, dan juga sekolah-sekolah di Grenoble. Selama tahun 90-an generasi pertama dari Cabri-geometre telah dihasilkan yang merupakan generasi baru cikal bakal “Cabri II” yang dikembangkan oleh Jean-Marie Laborde, Franck Bellemain dan Sylvie Tessier sebagai pendukung peralatan industri di Texas. Kerja sama antara Cabri-geometre dan Texas Instruments mempercepat pengkondisian pembelajaran matematika dengan adanya kalkulator yang mempunyai vasilitas perhitungan dan dinamik geometri dengan nama TI-92.
Awal tahun 2000 Jean-Marie Laborde mendirikan The Company Cabrilog untuk mengembangkan software Cabri dan memproduksi versi barunya untuk komputer dan kalkulator. Di awal 2003 versi baru dihasilkan, Cabri Geometry II Plus, diikuti software geometri baru : Cabri Junior untuk kalkulator TI83 dan TI84. September 2007 dikembangkan Cabri Geometry II Plus dilanjutkan dengan versi 1.4. Pada Sepember 2004 di Cabriworld di Roma, Jean-Marie Laborde menembangkan Cabri Geometry II plus for MacOS X. Pada saat yang sama muncul pula produk baru Cabri 3D, sebuah software geometri interaktif. Sekarang versi terbarunya Cabri 3D dilengkapi peralatan numeric dan geometri dan peralatan visualisasi 3D yang unik. Cabri 3D memenangkan BETT awards 2007 diperlombaan digital yang bergengsi.
Program Cabri 3D V2 berguna untuk memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi obyek-obyek geometri, akan tetapi kurang efektif apabila guru tidak mengontrol kegiatan belajar, namun hal ini dapat diatasi dengan meminta siswa mengkonstruksi obyek-obyek geometri sesuai dengan langkah-langkah konstruksi yang telah disiapkan. Secara umum program Cabri 3D V2 terdiri dari Menu, Toolbar, dan Drawing Area. Pada bagian menu ditampilkan File, Edit, Display, Document, Window,dan Help. Pada bagian Toolbar ditampilkan toolbox yang daat digunakan untuk menciptakan dan memodifikas satu figur. Toolbox terdiri dari Manipulation, Points, Curves, Relative Construction, Regular Polygons, Polyhedra, Regular Polyhedra (Platonic Solids), Measurement and, Calculation Tools dan transformations.

C.    Kelebihan dan Kekurangan Cabri 3D
Ø  Kelebihan
·         Gambar-gambar bangun geometri yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti.
·         Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi dengan jelas.
·         Dapat digunakan sebagai alat evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah.
·         Memudahkan guru dan siswa untuk menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek.
·         Mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas.
·         Mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet.
·         Mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga.
·         Bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep peserta didik.
·         Hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple.
·         Mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format
Ø  Kekurangan
·         Hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan angka decimal.
·         Kurang baik dalam kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)

D.    Contoh Penerapan Cabri 3D Dalam Matematika
Menentukan Jaring-Jaring Sebuah Kubus
1.      Klik Regular Tetrahedron lalu pilih    
                   

      (cube), untuk membentuk kubus pada bidang, klik sembarang titik pada bidang kemudia tarik. Kubus dapat ditarik dengan mengembalikan kursor.


2.      Untuk membuka kubus (melihat jaring-jaring), klik  
(Open Polyhedron)




3.      Klik  
(manipulation), lalu tariklah salah satu sisi pada kubus tersebut agar jaring-jaring .




Menghitung Salah Satu Sudut Kubus
1.       Klik  
(cube) lalu gambar kubus dibidangnya

2.       Klik    
           (manipulation), lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty


Kita dapat melihat rusuk-rusuk kubus secara jelas dengan sisi-sisi kubus yang transparan.
3.       Klik  (angle) 



4.       Klik pada titik yang akan dicari sudutnya
    
Besar sudut kubus tersebut adalah 900 karena garisnya saling tegak lurus.

Mengetahui Besar Sudut Segitiga (Diagonal Ruang) Didalam Sebuah Kubus.
1.      Klik  
(cube), lalu gambar kubus dibidangnya

2.      Klik  
(manipulation), lalu klik kanan, pilih surface style lalu empty

3.      Klik  
(triangle), lalu buat bidang segitiga

4.      Klik  

(angle) untuk menghitung sudut-sudut bidang segitiga

Sudut bidang segitiga tersebut adalah 600 karena segitiga tersebut berada pada kubus sehingga segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki.

Menghitung Volume Pada Kubus
1.      Buat kubus dengan cara yang sama
2.      Ukur panjang rusuknya dengan menggunakan distance, yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk.

3.      Klik volume dan letakan pada kubus tersebut.


Menghitung Luas Salah Satu Bangun Datar (Persegi)
1.      Buat persegi dengan memilih square.

2.      Ukur panjang sisi dengan menggunakan distance , yaitu klik dua titik yang menjadikan rusuk. Kemudian pilih area untuk melihat  besar luasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar